TUGAS POKOK DAN FUNGSI PERANGKAT SEKOLAH
MTs AL ISTHAKHARIYYAH
TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Untuk menjamin lancarnya roda organisasi diperlukan rambu-rambu yang dapat menuntun pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya sehingga tugas-tugas yang diberikan dapat terlaksana dengan baik. Demikian halnya dengan Sekolah, sebagai lembaga pendidikan sudah tentu dituntut profesionalisme yang tinggi atas seluruh kinerja perangkat Sekolah yang ada. Rambu-rambu yang diberikan sebagai petunjuk pelaksanaan tugas ini dikenal dengan istilah TUPOKSI, Tugas Pokok dan Fungsi. Adanya tupoksi ini memudahkan seluruh perangkat Sekolah untuk memainkan perannya masing-masing sesuai tanggung jawabnya masing-masing sehingga tidak terjadi overtaking atas bidang pekerjaan yang bukan masuk wilayah pekerjaannya. Dengan cara demikian fungsi controlling juga akan lebih mudah karena menjadikan tupoksi tersebut sebagai barometer penilaian kinerja yang bersangkutan.
Berikut ini adalah TUPOKSI perangkat MTs Al Isthakhariyyah Pamalayan yang mudah-mudahan dapat memberikan manfaat.
1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH
A. Kepala Sekolah selaku Edukator, mempunyai tugas :
1. Kepala Sekolah mampu memimbing guru dalam menyusun program pengajaran.
2. Kepala Sekolah memimbing guru dalam melaksanakan program pengajaran
3. Kepala Sekolah memimbing guru mengevaluasi hasil belajar siswa
4. Kepala Sekolah memimbing guru melaksanakan program pengayaan dan remedial
5. Kepala Sekolah membimbing karyawan dalam menyusun program kerja
6. Kepala Sekolah membimbing karyawan dalam melaksanakan tugas sehari-hari
7. Kepala Sekolah membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler
8. Kepala Sekolah melakukan pengembangan staf(guru) melalui pendidikan dan pelatihan
9. Kepala Sekolah melakukan pengembangan staf/guru melalui pertemuan sejawat
10. Kepala Sekolah melakukan pengembangan staf dengan mengikutkan staf dalam seminar, diskusi, dan sejenisnya
11. Kepala Sekolah mengusulkan kenakan pangkat guru dan staf secara periodik seduai dengan kondisi kepangkatan guru dan karyawan
12. Kepala Sekolah selalu mengikuti perkembangan iptek melalui pendidikan dan pelatihan atau melalui seminar/diskusi atau pertemuan MGMP
B. Kepala Sekolah Selaku Manajer, mempunyai tugas :
1. Kepala Sekolah memiliki program kerja jangka panjang
2. Kepala Sekolah memiliki program jangka menengah
3. Kepala Sekolah memiliki program jangka pendek
4. Kepala Sekolah membuat struktur organisasi/personalia di Sekolah
5. Kepala Sekolah membentuk tim/kepanitiaan dalam kegiatan Sekolah
6. Kepala Sekolah memberikan arahan kepada staf/guru
7. Kepala Sekolah melakukan koordinasi dengan staf dalam kegiatan pengajaran
8. Kepala Sekolah mendayagunakan secara maksimal dan adil terhadap semua staf yang ada
9. Kepala Sekolah memanfaatkan sarana dan prasarana milik Sekolah dengan optimal dan benar untuk kepentingan Sekolah
10. Kepala Sekolah peduli terhadap perawatan sarana/prasarana milik Sekolah
11. Kepala Sekolah mendelegasikan sebagian kewenangannya kepada guru atau wakil kepala Sekolah
12. Kepala Sekolah dapat bekerjasama dengan para wakil kepala Sekolah
13. Kepala Sekolah dapat bekerjasama dengan guru
C. Kepala Sekolah Selaku Administrator, mempunyai tugas :
1. Kepala Sekolah mampu mengelola administrasi KBM dan kelengkapan data KBM
2. Kepala Sekolah memiliki kemampuan mengelola administrasi kesiswaan
3. Kepala Sekolah memiki data administrasi staf lengkap
4. Kepala Sekolah memiliki data administrasi keuangan rutin
5. Kepala Sekolah memiliki data administrasi keuangan BOSS dan Bantuan Lainnya
6. Kepala Sekolah memiliki data administrasi keuangan SPP
7. Kepala Sekolah memiliki data administarasi keuangan dari Komite Sekolah
8. Kepala Sekolah memiliki kelengkapan data surat-menyurat
D. Kepala Sekolah Selaku Supervisor, mempunyai Tugas :
1. Kepala Sekolah memiliki program supervisi kelas
2. Kepala Sekolah memiliki program supervisi kegiatan ekstrakurikuler
3. Kepala Sekolah memiliki program supervisi ujian, kegiatan perpustakaan dan sejenisnya
4. Kepala Sekolah melakukan kegiatan supervisi kelas
5. Kepala Sekolah melakukan kegiatan supervisi mendadak (SIDAK)
6. Kepala Sekolah melakukan kegiatan supervisi kegiatan ekstrakurikuler
7. Kepala Sekolah memanfaatkan hasil supervisi untuk peningkatan kinerja guru/karyawan
8. Kepala Sekolah melakukan supervisi terhadap kegiatan ujian
E. Kepala Sekolah Selaku Leader, mempunyai tugas :
1. Kepala Sekolah memiliki kepribadian yang jujur
2. Kepala Sekolah memiliki kepribadian yang percaya diri
3. Kepala Sekolah memiliki kepribadian yang bertanggungjawab
4. Kepala Sekolah memiliki kepribadian yang berjiwa beasar
5. Kepala Sekolah memahami kondisi guru dan karyawan
6. Kepala Sekolah memahami kondisi siswa
7. Kepala Sekolah memiliki visi Sekolah yang dipimpinnya
8. Kepala Sekolah memahami misi yang diemban Sekolah
9. Kepala Sekolah mampu mengambil keputusan untuk urusan intern Sekolah dengan baik
10. Kepala Sekolah mampu mengambil keputusan untuk urusan ekstern Sekolah dengan baik
11. Kepala Sekolah mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik dengan guru dan karyawan serta siswa
12. Kepala Sekolah mampu berkomunikasi secara tertulis dengan baik
13. Kepala Sekolah mampu menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan dengan baik
14. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, kepala Sekolah bertindak demokratis dalam mengarahkan guru dan menerima masukan-masukan yang positif dari guru
15. Kepala Sekolah selalu mendiskusikan upaya peningkatan mutu belajar-mengajar dengan dewan guru
16. Kepala Sekolah mau menerima masukan dari dewan guru dalam hal peningkatan prestasi belajar siswa
F. Kepala Sekolah Selaku Inovator, memiliki tugas :
1. Kepala Sekolah mampu membuat gagasan baru untuk peningkatan mutu belajar mengajar
2. Kepala Sekolah mampu mengadopsi gagasan baru dari luar untuk peningkatan mutu belajar mengajar
3. Kepala Sekolah mampu melakukan pembaruan dalam KBM di sekolah
4. Kepala Sekolah mampu melakukan pembaharuan dalam kegiatan ekstra kurikuler
5. Kepala Sekolah mampu melakukan pembaharuan dalam perawatan dan pemeliharaan fasilitas
6. Kepala Sekolah mampu melakukan pembaharuan dalam pembinaan guru dan karyawan
G. Kepala Sekolah Selaku Motivator, mempunyai tugas :
1. Kepala Sekolah mampu mendorong guru untuk meningkatkan motivasi kerja
2. Kepala madarasah memberikan rangsangan dan insentif terhadap guru yang berprestasi
3. Kepala Sekolah mampu mendorong siswa untuk lebih berprestasi.
4. Kepala Sekolah memiliki motivasi yang tinggi dalam pekerjaan
5. Kepala Sekolah dapat menggerakkan seluruh warga Sekolah untuk meningkatkan prestasi dalam kapasitasnya masing-masing
2. TUGAS POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH SECARA UMUM
1. Membantu tugas Kepala Sekolah sesuai dengan tugas bidangnya
2. Mewakili Kepala Sekolah bila berhalangan
2. Mewakili Kepala Sekolah bila berhalangan
A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KURIKULUM
1. Menyusun program Kerja Bidang Kurikulum (Program Tahunan dan Semester)
2. Menyusun Kalender Pendidikan
3. Menyusun SK pembagian tugas mengajar guru dan tugas tambahan lainnya
4. Menyusun jadwal pelajaran
5. Menyusun Program dan jadwal Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah / Nasional
6. Menyusun kriteria dan persyaratan siswa untuk naik kelas/tidak Serta lulus/tidak siswa yang mengikuti ujian
7. Menyusun jadwal penerimaan buku laporan pendidikan (Raport) dan penerimaan STTB/Ijasah dan STK
8. Menyediakan silabus seluruh mata pelajaran dan contoh format RPP
9. Menyediakan agenda kelas, agenda piket, surat izin masuk/keluar, agenda guru (yang berisi: jadwal pelajaran, kontrak belajar dengan siswa, absensi siswa, form catatan pertemuan dan materi guru, daftar nilai, dan form home visit)
10. Penyusunan program KBM dan analisis mata pelajaran
11. Menyediakan dan memeriksa daftar hadir guru
12. Memeriksa program satuan pembelajaran guru
13. Mengatasi hambatan terhadap KBM
14. Mengatur penyediaan kelengkapan sarana guru dalam KBM (kapur tulis, spidol dan isi tintanya, penghapus papan tulis, daftar absensi siswa, daftar nilai siswa, dsb.)
15. Mengkoordinasikan pelaksanaan KBM dan laporan pelaksanaan KBM
16. Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan satuan pelajaran
17. Menyusun laporan pelaksanaan pelajaran secara berkala
B. TUGAS POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN
1. Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS
2. Menegakkan Tata Tertib Sekolah
3. Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib Sekolah
4. Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, Kerindangan, keindahan, dan kekeluargaan(6K)
5. Memberi pengarahan dan penilaian dalam pemilihan pengurus OSIS
6. Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
7. Bekerjasama dengan para pembina kegiatan kesiswaan didalam menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
8. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerimaan siswa baru.
9. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili Sekolah dalam kegiatan di luar Sekolah.
10. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
11. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan Sekolah dengan orang tua murid
12. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan siswa penerima beasiswa
C. TUGAS POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG SARANA DAN PRASARANA
1. Menyusun Program Kerja Bidang Sarana / Prasarana
2. Menginventarisasi barang
3. Pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan penunjang KBM
4. Pendayagunaan sarana prasarana ( termasuk kartu-kartu pelaksanaan pendidikan )
5. Pemeliharaan sarana dan prasaran pendidikan ( pengamanan, penghapusan, pengembangan )
6. Pengelolaan alat-alat penunjang pembelajaran dan Alat- Alat Laboratorium
D. TUGAS POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG HUMAS
1. Menyusun Program Kerja Budang Hubungan Masyarakat ( HUMAS )
2. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan Sekolah dengan orangtua/Wali siswa
3. Membina hubungan antar Sekolah dengan komite Sekolah
4. Membina pengembangan hubungan antar Sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha dan lembaga-lembaga sosial lainnya
5. Memberi/berkonsultasi dengan usaha.
6. Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala.
7. Melaksanakan tugas-tugas ke luar lembaga
8. Menjalin hubungan ke luar lembaga sesuai fungsi dan kebutuhan
E. TUGAS POKOK DAN FUNGSI URUSAN INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH
1. Menyusun Program Kerja Urusan Informasi Manajemen Sekolah
2. Penyusunan Sistem Informasi Profil (Portal Sekolah)
3. Penyusunan Sistem Informasi Personalia Sekolah
4. Penyusunan Sistem Informasi Sarana dan Prasarana
5. Penyusunan Sistem Informasi Keuangan Sekolah
6. Penyusunan Sistem Informasi Kesiswaan
7. Penyusunan Sistem Informasi Akademik
8. Sistem Informasi Perpustakaan
9. Penyusunan Sistem Informasi Pelayanan dan Bimbingan ( BP/BK
10. Penyusunan Sistem E-Learning : berisi Proses pendidikan menggunakan sistem online maupun intranet bagi siswa dan guru
11. Penyusunan Sistem Informasi Pelaporan
12. Bank Soal
3. TUGAS POKOK DAN FUNGSI KOORDINATOR BP / BK
1. Menyusun program dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan
2. Membantu guru dan wali kelas dalam menghadapi kasus anak
3. Membuat program bimbingan psikologi
4. Menyusun dan mengarsip data kasus murid (konseling)
5. Memberikan penjelasan bersama dengan Kepala Sekolah tentang program dan tujuan bimbingan kepada Wali Murid
6. Membantu Wali Murid dalam memberikan layanan psikolog tentang perkembangan putra-putrinya
7. Kordinasi dengan Wali Kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar.
8. Melaksanakan koordinasi dengan wali kelas dan guru dalam menilai siswa bila terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa dan dengan dinas terkait
9. Memberikan layanan bimbingan penyuluhan, karir kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
10. 10) Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait
11. Penyusunan dan pemberian saran serta pertimbangan pemilihan jurusan
12. Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan
13. Mengadakan penilaian pelaksanaan BP/BK
14. Melaksanakan home visit kepada siswa/orang tua siswa yang bermasalah setelah ditangani oleh wali kelas melalui home visit sebelumnya dan tidak ada perubahan
15. Menyusun statistik hasil penilaian BP/BK
16. Menyusun laporan pelaksanaan BK secara berkala
4. TUGAS POKOK DAN FUNGSI PEMBINA KESISWAAN
1. Berkoordinasi dengan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dalam menyusun program kerja kegiatan
2. Memberikan salinan program kerja yang sudah dibuat kepada Waka. Bidang Kesiswaan dan Tata Usaha Urusan kesiswaan sebagai arsip
3. Membina siswa dalam proses berfikir menuju ke arah kedewasaan yang sesuai dengan program dan bidang masing-masing
4. Membantu siswa dalam melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta didik
5. TUGAS POKOK DAN FUNGSI WALI KELAS
Wali kelas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
1. Pengelolaan kelas
2. Menyelenggarakan administrasi kelas meliputi :
2.1. Denah tempat duduk
2.2. Papan absen
2.3. Daftar pelajaran
2.4. Daftar piket kelas
2.5. Buku absen siswa
2.6. Buku kegiatan pembelajaran / jurnal
2.7. Tata tertib
2.1. Denah tempat duduk
2.2. Papan absen
2.3. Daftar pelajaran
2.4. Daftar piket kelas
2.5. Buku absen siswa
2.6. Buku kegiatan pembelajaran / jurnal
2.7. Tata tertib
3. Menyusun pembuatan statistik bulanan (absen)
4. Mengisi buku Leger
5. Membuat catatan khusus
6. Mengisi dan membagi rapor
7. Membina siswa binaan didiknya dengan sebaik-baiknya
8. Membantu kelancaran proses belajar mengajar siswa di kelasnya.
9. Mengetahui identitas, nama dan jumlah siswa di kelasnya.
10. Mengetahui, memahami dan mengambil tindakan-tindakan yang berkaitan dengan masalah-masalah yang timbul di kelasnya.
11. Melakukan home visit terhadap siswa yang bermasalah dan melaporkan perkembangannya kepada guru BP.
12. Bekerja sama dengan guru BP dalam memecahkan masalah yang dihadapi siswa dan apabila dipandang perlu mengadakan hubungan dengan orangtua/wali murid dalam rangka pembinaan siswa kelasnya.
13. Melaksanakan tugas penilaian kognitif, psikomotor dan afektif siswa terutama terhadap budi pekerti, kelakuan dan kerajinan siswa di kelasnya.
14. Mengawasi, memonitor serta menyampaikan laporan kepada Kepala Sekolah secara berkala melalui Wakil Kepala Bidang Kesiswaan mengenai pembinaan kelasnya (2 bl. sekali).
15. Turut bertanggung jawab dalam kelancaran pelaksanaan Upacara Bendera.
16. Koordinasi dengan Waka. Bidang Kesiswaan, Tata Usaha Urusan kesiswaan, BP, untuk siswa pindahan/mutasi karena sesuatu dan lain hal (ketidak hadiran) prestasi rendah dan lain-lain.
6. TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU PIKET
1. Hadir 10 menit sebelum jam pelajaran pertama dimulai dan membunyikan bel tanda masuk tepat pukul 07.10 WIB.
2. Mengisi buku piket
3. Memeriksa pakaian seragam siswa dan kerapihannya sebelum masuk pintu gerbang Sekolah
4. Menutup pintu gerbang tepat pukul 07.20 WIB, melalui bagian keamanan.
5. Memberikan tugas kepada siswa apabila ada guru yang berhalangan hadir karena sesuatu dan lain hal
6. Meningkatkan dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, Kerindangan, keindahan, dan kekeluargaan (6K).
7. Mengadakan pendataan/mengisi buku piket sesuai dengan hari tugasnya.
8. Mencatat siswa yang masuk terlambat dan memberikan surat ijin masuk apabila masih sesuai dengan tata tertib
9. Mengawasi berlakunya tata tertib siswa-siswi, secara langsung pada waktu jam pelajaran berlangsung dan berkeliling ke kelas-kelas untuk mendata kehadiran siswa pada hari itu
10. Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan tertibnya upacara bendera bagi yang tugas piket pada hari Senin/peringatan hari-hari nasional.
11. Melaporkan kejadian yang bersifat khusus kepada guru BP/BK, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan untuk diproses dan diselesaikan bersama-sama dengan wali kelas.
12. Memberikan izin kepada siswa untuk meninggalkan Sekolah setelah memperoleh izin dari guru kelas secara tertulis.
7. TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU SECARA UMUM
1. Membuat program pengajaran :
1.1 Analisa SK/KD kedalam Indikator
1.2 Program Tahunan (Prota)
1.3 Program Satuan Pelajaran (SP)
1.4 Program Rencana Pengajaran (RP)
1.5 Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
1.1 Analisa SK/KD kedalam Indikator
1.2 Program Tahunan (Prota)
1.3 Program Satuan Pelajaran (SP)
1.4 Program Rencana Pengajaran (RP)
1.5 Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
2. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
3. Meningkatkan Penguasaan materi pelajaran yang menjadi tanggungjawabnya
4. Memilih metode yang tepat untuk menyampaikan materi
5. Melaksanakan KBM
6. Menganalisa hasil evaluasi KBM
7. Mengadakan pemeriksaan, pemeliharaan, dan pengawasan ketertiban, keamanan, kebersihan, keindahan, dan kekeluargaan
8. Melaksanakan kegiatan penilaian (semester/tahun)
9. Meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran
10. Membuat dan menyusun lembar kerja (Job Sheet)
11. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa.
12. Mengikuti perkembangan kurikulum.
13. Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya.
8. TUGAS POKOK DAN FUNGSI KOORDINATOR GURU MATA PELAJARAN
1. Bertanggungjawab atas :
a. Terlaksananya pertemuan MGMP intern Sekolah minimal sebulan sekali.
b. Penyusunan program dan pengembangan MGMP mata pelajaran sejenis.
a. Terlaksananya pertemuan MGMP intern Sekolah minimal sebulan sekali.
b. Penyusunan program dan pengembangan MGMP mata pelajaran sejenis.
c. Penyusunan program pengajaran : 1. Analisis Materi Pelajaran. 2. Program Tahunan (Prota) 3. Program Semester (Prosem) 4. RP
2. Mengkoordinasikan penyusunan naskah soal Ulangan Harian.
3. Mengkoordinir pembuatan dan mengumpulkan analisis Ulangan Harian, Rekap daya serap dan ketuntasan belajar dan target kurikulum untuk selanjutnya diserahkan ke bidang kurikulum.
4. Membantu mengkoordinir Ulangan Harian dalam pelaksanaan UH,ketika mata pelajarannya diujikan.
5. Mengadakan monitoring Ulangan Harian pelaksanaan program perbaikan dan remidial mata pelajaran sejenis.
6. Mengadakan evaluasi Ulangan Umum Semester (UUS) dan KBM tiap semester.
9. TUGAS POKOK DAN FUNGSI PETUGAS PERPUSTAKAAN
1. Perencanaan program kerja perpustakaan
2. Pengurusan pelaksanaan perpustakaan
3. Perencanaan pengembangan perpustakaan
4. Pemeliharaan dan perbaikan buku perpustakaan
5. Penyimpanan buku-buku perpustakaan
6. Melaksanakan inventarisai perpustakaan
7. Melayani pemakai perpustakaan
8. Mengatur dan menata perpustakaan
9. Menyeleksi pembelian buku
10. Mengusahakan pengadaan buku baru
11. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan
12. Menjaga dan melaksanakan kegiatan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan
10. TUGAS POKOK DAN FUNGSI PETUGAS LABORAN
1. Sebagai penanggung jawab atas Laboratorium
2. Membantu mempersiapkan ruang laboratorium
3. Mempersiapkan ruang laboratorium
4. Melakukan pemeliharaan dan penyimpanan alat-alat praktik
5. Mengadakan pengawasan terhadap pelaksanaan praktik
6. Mengadakan penyusunan laporan keadaan alat praktik
7. Menerima, memeriksa dan meneliti alat-alat yang telah dikembalikan oleh guru
8. Mengetahui kegunaan dan cara kerja setiap peralatan yang menjadi wewenangnya
9. Melaporkan alat rusak, hilang kepada Kepala Sekolah
10. Menjaga dan melaksanakan kegiatan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan
11. Membuka daftar skala prioritas kebutuhan untuk kelancaran praktikum
11. TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA URUSAN TATA USAHA
Kepala Tata Usaha bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas pelaksanaan ketatausahaan Sekolah meliputi :
1. Menyusun program tata usaha Sekolah
2. Pengelolaan keuangan Sekolah
3. Mengatur segala sesuatu yang terkait dengan penyediaan keperluan Sekolah
4. Melaksanakan penyelesaian kegiatan penggajian guru/pegawai, laporan bulanan, rencana keperluan perlengkapan kantor/Sekolah dan rencana belanja bulanan
5. Menyusun administrasi pegawai, guru dan siswa
6. Meng-inventaris seluruh data.
7. Membukukan surat keluar dan masuk
8. Mengajukan usulan kenaikan pangkat guru
9. Pembinaan dan pengembangan karier pegawai tata usaha Sekolah 10) Menyusun administrasi perlengkapan Sekolah
10. Menyusun dan menyajikan data / statistik Sekolah
11. Meningkatkan dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, Kerindangan, keindahan, dan kekeluargaan (6K).
12. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan Ketatausahaan secara berkala
13. Bertanggung jawab terhadap kelancaran tugas operasional Sekolah
12. TUGAS POKOK DAN FUNGSI TATA USAHA – BENDAHARA
1. Menerima RAPBS setiap awal awal tahun ajaran baru
2. Membuat perencanaan anggaran bulanan dan tahunan
3. Mengelola sumber dana dan pengeluarannya
4. Membuat laporan keuangan bulanan dan tahunan
5. Membuat usulan gaji karyawan
6. Membayarkan gaji guru dan karyawan
7. Menerima pembayaran dana SPP atau sumber lain dari siswa
8. Melaporkan penerimaan dana SPP atau sumber lain ke Kepala Sekolah
13. TUGAS POKOK DAN FUNGSI TATA USAHA BAGIAN ADMINISTRASI PERSONAL SECARA UMUM
Mengadakan administrasi Sekolah dengan sebaik-baiknya yang meliputi :
1. Progam Kerja Kepala Sekolah
2. RAPBS
3. Kalender Pendidikan
4. Daftar Pembagian Tugas
5. Struktur Organisasi Sekolah
6. Jadwal Pelajaran
7. Peraturan Tata Tertib Guru dan Tata Usaha
8. Acara kerja Kepala Sekolah
9. Jadwal Guru Piket
10. Buku Piket
11. Buku Pembinaan
12. Himpunan Hasil supervisi
13. Buku Pengumuman
14. Buku Notula Rapat
15. Buku Tamu Umum dan Khusus
16. Dokumen Pendirian Sekolah
17. Daftar hadir guru, tenaga teknis kependidikan dan tenaga tata usaha
18. Form monitoring kegiatan 6 K di Sekolah
19. Program satuan pelajaran, perangkat KBM lainnya untuk proses belajar mengajar tatap muka dikelas
20. Buku agenda surat keluar / masuk
14. TUGAS POKOK DAN FUNGSI PESURUH SEKOLAH
1. Melaksanakan tugas kebersihan
2. Menyediakan makan/minum untuk Kepala Sekolah dan Tamu Sekolah
3. Meminta dan menerima tugas dari kepala Sekolah
4. Membantu menyediakan kebutuhan barang-barang yang diperlukan Kepala Sekolah
5. Melakukan tugas belanja makan/minum, foto copy, mengantar surat dan tugas sejenis lainnya
6. Mengecek ketersedian air minum, teh, gula dan kopi setiap hari.
7. Memelihara dan menjaga barang-barang milik Sekolah
15. TUGAS POKOK DAN FUNGSI PENJAGA SEKOLAH
1. Melaksanakan tugas pengamanan Sekolah
2. Menonitor lingkungan Sekolah sebanyak 3 (tiga) kali :
a. Setelah bel masuk dibunyikan, petugas berkeliling Sekolah untuk memastikan bahwa seluruh siswa sudah masuk kelas
b. Setelah bel istirahat berakhir, petugas berkeliling Sekolah untuk memastikan bahwa seluruh siswa sudah masuk kelas
c. Setelah bel pulang, petugas berkeliling Sekolah untuk terakhir kali Untuk memastikan bahwa kondisi lingkunan Sekolah aman
3. Mengawasi dan menjaga keamanan lahan parkir Sekolah
4. Memelihara dan menjaga barang-barang milik Sekolah
5. Bekerjama dengan dinas terkait apabila ada masalah keamanan yang tidak dapat dilakukan secara internal atau sudah terjadi perbuatan melanggar hukum
Tidak ada komentar: