Header Ads

test

Cara memperbaiki Hard Disk Eksternal tidak terdeteksi oleh komputer


seagate-freeagent-goflex-external-hard-drive
Sebelumnya saya mengucapkan terimkasih karena kembali lagi bertemu dengan Dunia Cipluk, semoga bisa menambah wawasan anda mengenai Teknologi terutama tentang Komputer yang tentunya seiring berjalannya waktu akan terus berkembang.

Kali ini Dunia Cipluk akan membahas tentang Cara Memperbaiki Hard Disk eksternal yang tidak terdeteksi oleh komputer. Saya memposting informasi ini dikarenakan atas pengalam pribadi saya yang pernah dimintai tolong oleh sahabat saya bahwa hardisk eksternal miliknya rusak. Awalnya saya kira hanya rusak biasa yang apabila di format akan kembali bisa digunakan, tapi ternyata kasusnya tidak demikian. Ternyata Hardisk Tersebut tidak terdeteksi oleh Komputer, maka dari itu saya akan berbagi untuk anda yang juga mengalami masalah yang sama seperti sahabat saya tersebut. 
Berikut adalah pembahasannya :

*Pertama kalian harus tau terlebih dahulu apa penyebab kerusakanya. berikut adalah  penyebabnya  :
  1. Driver Hard disk eksternal tidak di kenali, ( ini biasanya disebabkan karena kesalahan file system pada HDD eksternal
  2. Port USB rusak, ini bisa kerusakan secara fisik ( meskipun jarang kejadian / bisa drivernya bermasalah)
  3. Hard disk eksternal tidak mendapat cukup pasokan daya
  4. Driver windows yang bermasalah. 
Karena penyebabnya lumayan bervariasi seperti di atas, maka anda harus mencoba satu persatu untuk mencari penyebabnya yang sebenarnya.

Cara pengatasian driver yang tidak terdeteksi menggunakan Disk Management.
  1. Pertama sobat tekan "WINDOWS + R", kemudian kalian ketik "diskmgmt.msc" di kotak Query "RUN", setelah itu tekan enter.


                                        1

    Note : Sobat akan melihat daftar dari driver management windows, di situ sobat bisa menformat, partisi dan rename drive, yang sebelumnya tidak bisa terbaca / muncul di komputer sobat.
  2. Kemudian colokan hard disk eksternal anda ke USB yang berbeda, setelah di pindah dan terbaca maka kemungkinan port USB anda yang sebelumnya mengalami masalah.
  3. Setelah itu coba cek di device manager , tekan tombol "WINDOWS" di keyboard lalu ketik device manager di pencarian windows dan tekan Enter.
    1

  4. lalu search disk drive , kemudian lihat apa ada tanda pentung di sebelahnya, Kalo ada itu masalahnya yaitu Drivernya. Cara pengatasianya cukup mudah kok , install driver USB anda untuk mengatasi permasalahan tersebut. Biasanya untuk tipe har disk eksternal driver yang dibutuhkan tipe USB 3.0 .

 Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video ini.

Nah itu lah tutorial / pengalaman yang pernah saya lakukan untuk mengatasi not detections hard disk eksternal pada komputer teknokomputer. 
Untuk cara memperbaiki hardisk yang rusak anda bisa membacanya pada link di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.