Header Ads

test

Tugas Manager Operasional Restoran

Restoran yang telah berkembang dan membuka beberapa cabang akan mulai membutuhkan kontrol atau pengawasan yang lebih baik. Hal ini disebabkan terkadang, supervisor di suatu cabang bisa saja tidak konsisten dalam melaksanakan tugas nya atau menurun kinerja nya karena suatu faktor tertentu. Untuk itulah perlu di angkat seorang manager operasional yang akan menghandle pengawasan atau kontrol terhadap kinerja para supervisor di cabang-cabang restoran yang ada. Selain bertugas melakukan pengawasan, apa saja kah tugas manager operasional restoran itu? dalam artikel ini saya akan menuliskannya untuk pembaca restofocus.



Beberapa tugas manager operasional adalah sebagai berikut :

1. Mengawasi kinerja supervisor  
Telah disebutkan di atas, bahwa tugas utama seorang manager operasional restoran adalah melakukan pengawasan terhadap kinerja supervisor di cabang agar selalu konsisten dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada nya sebagai penanggung jawab tertinggi di cabang. Untuk hal ini, manager operasional restoran harus secara rutin berkunjung ke setiap cabang untuk melakukan pengecekan atau pengawasan.


2. Memastikan terlaksananya program pusat
Program dari pusat yang telah disosialisasikan kepada semua cabang harus bisa berjalan dengan baik. Untuk itu, manager operasional restoran harus selalu melakukan check dan recheck sejauh mana suatu program dijalankan. Jika kemudian ditemukan kendala-kendala dalam pelaksanaan nya, maka manager operasional harus menyampaikannya kepada management pusat untuk kemudian dilakukan evaluasi terhadap program tersebut serta mendorong supervisor untuk lebih maksimal dalam menjalankan program tersebut.
3. Menyatukan persepsi dan cara pandang supervisor
Manager operasional harus bisa mempersatukan persepsi dan cara pandang semua supervisor cabang mengenai hal teknis dan non teknis pekerjaan dan semua keputusan atau kebijakan yang diambil oleh management pusat sehingga terjadi kekompakan dan tidak muncul gang, kelompok atau dinasty dalam lingkungan restoran yang bisa membuat perpecahan.

4. Memberikan motivasi kepada supervisor
Manager berkewajiban memberikan motivasi  yang kuat kepada semua supervisor untuk mencapai  target-target yang telah ditentukan. Manager operasional harus bisa merangkul semua supervisor yang tentu memiliki karakter yang berbeda. Untuk itu seorang manager operasional restoran haruslah memiliki jiwa leadership yang tinggi. Selain itu, manager operasional juga harus menjadi teladan yang baik.
5. Pusat koordinasi 
Manager operasional merupakan pusat atau titik temu koordinasi antara management, supervisor, dan karyawan. Apapun yang terjadi dalam lingkungan restoran haruslah diinformasikan kepada manager opersional, dan informasi apapun dari level management haruslah juga diketahui oleh manager operasional untuk kemudian diteruskan kepada semua supervisor dan karyawan.
Anda juga bisa membaca artikel : Crew Steward Bisa Menjadi Manager

Itulah beberapa tugas manager operasional restoran yang bisa saya tuliskan. Sebagai tambahan, manager opersional restoran harus lah dekat dengan owner atau level top management dan juga harus dekat dengan semua karyawan namun tetap dalam koridor professionalisme.

Demikian artikel tugas manager opersional restoran. Semoga bermanfaat.
http://www.restofocus.com/2015/03/tugas-manager-operasional-restoran.html

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.