Header Ads

test

Prinsip Akuntansi yang berlaku Umum

Pengertian Generally Accepted Accounting Principles

generally accepted accounting principlesGenerally accepted accounting principles atau prinsip akuntansi yang berlaku umum adalah sekumpulan atau seperangkat prinsip, standar dan prosedur akuntansi yang harus dipatuhi oleh perusahaan dalam menyusun laporan keuangan.
Standar akuntansi yang terdapat di prinsip akuntansi yang berlaku umum merupakan gabungan antara standar yang ditetapkan oleh organisasi yang berwewenang dengan praktik-praktik akuntansi yang telah berlaku sejak dulu.
Tujuan utama adanya prinsip akuntansi yang berlaku umum adalah agar ada standar dalam membuat laporan keuangan sehingga laporan keuangan suatu perusahaan bisa dibandingkan dengan laporan keuangan perusahaan lain.
Tujuan penggunaan prinsip akuntansi yang berlaku umum adalah sebagai berikut:
  • Mengelola dengan benar/sesuai setiap informasi keuangan kedalam catatan akuntansi.
  • Merangkum atau meringkas catatan akuntansi kedalam laporan keuangan
  • Mengungkap atau menyajikan informasi pendukung tertentu.

GAAP vs IFRS

GAAP pada awalnya merupakan standar akuntansi yang berlaku di Amerika Serikat yang dikeluarkan oleh The Financial Accounting Standard Board (FASB) atau Dewan Standar Akuntansi Keuangan. Sedangkan, International Financial Reporting Standards (IFRS) standar akuntansi yang disusun oleh International Accounting Standards Boards (IASB) yang diprakarsai oleh beberapa negara Eropa.
Pada tahun 2002, FASB dan IASB bekerjasama untuk melakukan konvergensi (penyamaan) antara GAAP dan IFRS. Hasil dari konvergensi ini, perusahaan asing yang beroperasi di AS yang menggunakan IFRS bisa digunakan tanpa perlu membuat laporan keuangan complaint.
Dari sejarah GAAP di atas, kita perlu membedakan antara GAAP dengan istilah generally accepted accounting principles. Pasalnya, GAAP adalah generally accepted accounting principles-nya Amerika Serikat yang dikeluarkan oleh FASB. Sedangkan IFRS adalah generally accepted accounting principles-nya beberapa negara Eropa yang dikeluarkan oleh IASB.

Generally accepted accounting principles di Indonesia

Di Indonesia, generally accepted accounting principles atau prinsip akuntansi yang berlaku umum dibuat oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK).
Tugas dari Dewan Standar Akuntansi Keuangan adalah sebagai berikut:
  1. Membuat Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK)
  2. Membuat Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP)
  3. Membuat Standar Akuntansi Keuangan Syariah

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.