Header Ads

test

HIDUP SEHAT DENGAN P(A)KE-TS

Bagaimana hidup sehat dengan pola makan yang tepat untuk seorang penderita diabetes ataupun yang ingin mencegahnya? Salah satunya adalah P(a)Ke-TS.


Apa itu P(a)Ke-TS?
Porsi Kecil Tapi Sering. Ya, pola makan seperti ini memang disarankan untuk penderita diabetes termasuk yang ingi  melakukan pencegahan, yaitu makan dengan porsi yang lebih kecil namun lebih sering.

Mengapa P(a)Ke-TS?
-          Porsi Kecil tapi Sering (5-6 kali per hari) lebih efektif untuk menjaga kadar gula darah terus berada dalam batas normal.
-          Porsi Kecil tapi Sering akan membuat karbohidrat kompleks yang Anda konsumsi, dicerna dan diserap secara lebih lambat dan stabil. Hal ini menyebabkan kenaikan gula darah dan kebutuhan insulin pun menjadi lebih rendah. Sensitivitas insulin jadi lebih tinggi dan metabolisme tubuh jadi lebih baik.
-          Porsi Kecil tapi Sering ternyata mendukung keinginan hidup sehat termasuk penurunan kadar asam lemak, kolesterol, dan trigliserida dalam tubuh

Bagaimana Contoh Pola Makan P(a)Ke-TS?
Berikut contoh pola makan untuk seorang diabetesi dengan pola P(a)Ke-TS dengan kebutuhan kalori 1400 kalori per hari. Ingat juga, bahwa kebutuhan harian masing-masing berbeda. Anda dapat menghitung panduan kebutuhan kalori harian melalui www.sahabatdiabetes.com








Untuk contoh menunya (1500 kalori), Anda dapat lihat pada contoh berikut ini:









Nanti dulu, P(a)Ke-TS juga bukan hanya Porsi Kecil tapi Sering, tapi bisa juga P(a)Ke-Tropicana Slim. Tropicana Slim menghadirkan serangkaian produk bebas gula, rendah lemak, dan rendah kalori untuk hidup sehat lebih lama. Tropicana Slim, Sweet Moments Last Longer.
References
1)      Perkumpulan Endokrinologi Indonesia. 2002. Petunjuk Praktis: Pengelolaan Diabetes Melitus Tipe 2. Jakarta: PB Perkeni.
2)      Kariadi, S.H. 2009. Diabetes? Siapa Takut!! Bandung: Qanita.
3)      Jenkins DJA, Wolever TMS, Vuksan V, et al. “Nibbling versus gorging: metabolic advantages of increased meal frequency.” N Engl J Med 321 (1989): 929-934.
4)      Jenkins, D.J.A. 1992. Metabolic advantages of spreading the nutrient load: effets of increased meal frequency in non-insulin-dependent diabetes. Am J Clin Nutr 55: 461-467.
5)      Jenkins, D.J.A. 1997. Carbohydrate tolerance and food frequency. British Journal of Nutrition 77: S71-S81.
http://www.tropicanaslim.com/hidu-sehat-dengan-pake-ts

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.