Header Ads

test

LELAH DAN KANTUK? COBA CARA INI!

hindari kelelahan dengan tips berikut - Tropicana Slim

Waktu masih menunjukkan pukul 10:00 pagi di kantor, tapi sudah berasa ngantuk dan lelah. Pernahkah kamu merasakan hal yang sama? Tropicana Slim kali ini mengajakmu untuk mengusir kedua “penyakit” tersebut dengan cara-cara yang sederhana namun tetap efektif!

Sleepiness VS Fatigue .. Definition
Sleepinees atau rasa kantuk itu sendiri sebenarnya berbeda dengan rasa lelah (fatigue) namun demikian tetap saling berhubungan. Rasa kantuk sebenarnya disebabkan oleh kurangnya jumlah tidur pada malam hari sedangkan rasa lelah (fatigue) itu sendiri adalah penurunan kinerja seseorang terutama ketika sedang mengerjakan tugas, baik motorik ataupun mental. Lalu, apa yang menyebabkan rasa kantuk dan lelah? Cara mengatasinya?

1.Tidak Cukup TidurHow to solveBuat jadwal tidur yang teratur. Jauhkan laptop, smartphones, dan televisi dari kamar tidumu. Kerjakan pekerjaan rumah atau kantor jauh-jauh sebelum waktu tidur, sehingga kamu bisa beri waktu untuk otak Kamu beristirahat dan tidur lebih pulas.
2.Sleep Apnea (Mendengkur)How to solveTurunkan berat badan jika memiliki berat badan berlebih, berhenti merokok, dan pastikan ventilasi kamar memadai untuk hilangkan dengkuran di malam hari.
3.Tidak Punya EnergiHow to solveSelalu ingat sarapan. Sarapan kaya serat dari karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum, telur akan membantu kamu tetap berenergi. Selain itu, biasakan snacking untuk ketersediaan energi sepanjang hari. Pilih snack yang lebih sehat seperti biskuit rendah kalori atau buah-buahan.
4.Stres dan depresiHow to solveBiasakan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga secara teratur, tidur cukup, dan konsumsi nutrisi yang berkualitas. Selain itu, konsumsi vitamin dan mineral cukup juga memperkuat pertahanan tubuh dari stres dan rasa lelah.
5.Caffeine overloadHow to solveKonsumsi sumber kafein seperti kopi, teh, dan cokelat hanya dalam jumlah sedang. Jika kamu termasuk orang yang mengonsumsi dalam jumlah berat, mulailah kurangi secara bertahap, karena jika langsung menghilangkan sama sekali secara tiba-tiba justru beresiko tingkatkan rasa lelah yang berlebih.
6.DiabetesHow to solveMulai hidup sehat dengan pola makan baik, rutin olahraga, dan kelola stres. Untuk lebih lengkap mengenai penanggulangan diabetes, kunjungi www.sahabatdiabetes.com
7.Dehidrasi atau kurang minumHow to solveCara paling mudah untuk melihat apakah kita kurang atau sudah cukup minum air adalah dengan melihat warna urin. Urin yang cenderung tidak berwarna adalah tanda bahwa kita sudah mengonsumsi air secara cukup. Minum sekitar 1.5-2 L per hari untuk jaga kebutuhan air Kamu. Jika ingin berolahraga, minum 2 gelas atau lebih air per jam nya sebelum memulai olahraga yang diinginkan.
8.Bekerja di shift malamHow to solveTidur di waktu kosong. Batasiexposure kamu terhadap cahaya ketika harus tidur. Buatlah kamarmu menjadi lebih gelap, tenang, dan sejuk. Selain itu, rilekskan pikiranmu sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak.

Sekarang, kamu siap untuk beraktivitas sepanjang hari tanpa lelah dan kantuk yang mengganggumu. Semangat!

Reference:
  1. Chatterjee, R. 2011. Causes of Sleepiness and Fatigue: How to Fight Them. Available from: http://www.webmd.com/sleep-disorders/ss/slideshow-fatigue-causes-and-remedies.
  2. Neu, et al. 2010. Acta Neurol. Belg. Clinical complaints of daytime sleepiness and fatigue: How to distinguish and treat them, especially when they become exessive or chronic.http://www.tropicanaslim.com/lelah-dan-kantuk-coba-cara-ini


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.