Header Ads

test

Cara Memperbaiki Selisih Data Penjualan POS dengan BO Zahir dan Solusinya

Dalam mengunakan aplikasi keuangan bukan hanya mampu memahami keilmuan tentang akuntansinya saja akan tetapi harus dibantu dengan kemampuan Komputer Akuntansi. karena berdasarkan pengalaman yang saya alami yang tidak memiliki kemampuan tersebut diatas, harus belajar keras untuk bisa menggunakan aplikasi keuangan dengan belajar mengerti dan memahami teori akuntansi dasar dan komputer akuntas. Sehingga dalam menggunakan aplikasi keuangan tersebut tidak ada kesalahan dalam penginputannya. 

Pengalaman baru saya dalam menggunakan aplikasi keuangan pada aplikasi Zahir Accounting membuat saya belajar memahami teori Akuntansi dan Komputer Akuntasi. Ketika saya memulai menggunakan aplikasi tersebut maka saya dengan semangatnya membuat Klasifikasi Akun Daftar Rekening atau COA yang disesuaikan dengan kebutuhan Laporan Keuangan di salah satu Perusahan Dagang yang bergelut dalam bidang kuliner yaitu di PT. Mang Engking Group Indonesia.

Setelah selesai membuat Daftar Rekening/COA saya pun langsung mengaplikasikannya dengan mengimport atau memposting laporan penjualan yang terdapat pada sistem POS (Point Of Sale). Ketika saya melihat hasil postingan pada BO (Back Office) yang akan dituangkan dalam sebuah laporan penjualan ternyata berbeda nilainya, maka saya pun bingung, kenapa menjadi selisih. 

Akhirnya saya mencoba berkomunikasi dengan Kontak Center Zahir Accounting via page FB nya dan mendapatkan arahan dan solusinya, seperti di bawah ini :

Kutipan Komunikasi saya dengan pihak Zahir.

Saya: 
"Min... mohon bantuan, kami ada masalah ada double COA "Potongan Penjualan" harusnya ada dibawah level 3 pendapatan usaha dg nilai - (minus) kemudian satu lagi ada dibawah level 3 Biaya promosi. Sehingga terjadi perbedaan nilai penjualan antara data POS Kasir dg Penjualan yg ada di laba rugi. Agar nilai pendapatannya sama antara POS Kasir dg Data BO nya itu solusinya bagaimana, terima kasih."

Zahir: 
"Buat akun baru yg bener, lalu lakukan jurnal balik saldo k akun yang bener. Kemudian akun yg salah dinon-aktifkan"

Di cek aja di setting >> akun penting >> akun mana yg jadi settingan utk potongan penjualan

Saya:
"Trus yg diakun biaya promosinya gimana cara memindahka  ke yg pendapatan usaha dri plus jdi minus?"

Zahir:
Jurnal umum potongan penjualan yg klasifikasiny pendapatan di debit trs kreditnya biaya promosi.


Penyesuaian Selisih Pendapatan atas Service yang Double Akun, satu Akun pada Pendapatan Usaha dan satu lagi ada pada Akun Pendapatan Lain Diluar Usaha.




Sekian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.